PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

Ketum PW Pemuda Muslim Sulsel Ceramah di Training Advokasi BEM FMIPA UNM

MAKASSAR.COM – Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Kasman menjadi salah satu pemateri pada Training Advokasi yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fak. MIPA Universitas Negeri Makassar.

Dalam acara yang digelar selama tiga hari, 13 – 15 Maret 2015 di Tanjung Bayang Makassar dan dihadiri oleh puluhan aktivis mahasiswa ini, Kasman memaparkan materi, “Psikologi Komunikasi dan Komunikasi Politik”.

Dalam paparannya, Kasman menekankan pentingnya penguasaan psikologi komunikasi bagi seorang aktivis mahasiswa yang akan melakukan kerja-kerja sosial seperti advokasi kebijakan dan advokasi kasus pelanggaran hak-hak masyarakat sipil.

“Selain itu, pemahaman psikologi komunikasi sangat dibutuhkan dalam melakukan komunikasi politik, sebab harus disadari,kerja-kerja advokasi dan pemberdayaan masyarakat sipil adalah kerja-kerja politik.” Jelas Kasman.

Pada kesempatan tersebut, Kasman juga menyentil gerakan mahasiswa hari ini yang dianggapnya miskin pemahaman akan metode gerakan advokasi, “Saya curiga jangan sampai teman-teman memahami bahwa advokasi itu identik dengan demonstrasi, itu keliru.”

Kasman juga mengingatkan urgensi melakukan pendidikan politik dan membangun kesadaran kritis di kalangan masyarakat.

“Pendidikan politik dan membangun kesadaran kritis basis massa merupakan bagian integral advokasi, bila ini tidak dilakukan, bisa saja advokasi yang dilakukan mahasiswa untuk membela kemepntingan masyarakat ditolak oleh masyarakat itu sendiri.” Pungkas Kasman. (ist/kdm)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. PW Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger