PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

PB Pemuda Muslim Desak Pemerintah Serius Tangani Kabut Asap

JAKARTA - Bencana kabut asap yang melanda di wilayah Sumatera dan Kalimantan selama kurang lebih dua bulan memberikan kerugian besar bagi lingkungan, kesehatan, pendidikan dan keberlangsungan hidup masyarakat setempat.

Indeks Pencemaran udara seperti halnya di Palembang yang tercatat mencapai level sangat berbahaya, yakni 1900 psi (Polutan Standar Indeks) di awal Oktober 2015 lalu, menuntut sikap tegas dari pemangku kebijakan untuk segera memberikan penanganan.

Namun ironisnya hingga sekarang pemerintah pusat belum memberikan tindakan konkrit dan serius untuk mengatasi bencana tersebut.

Demikian disampaikan Sekjend PB Pemuda Muslimin Indonesia, Evick Budianto disela pengajian yang biasa dilaksanakan di kantor PB Pemuda Muslim, Jakarta tadi malam. Pemuda Muslim mendesak pemerintah untuk bersikap tegas dan serius dalam menangani bencana kabut asap tersebut.

Pemuda Muslim mendesak Pemerintah untuk menerapkan bencana kabut asap dan kebakaran hutan dan lahan akibat pembiaran (karhutla) sebagai bencana nasional.

“Saat ini Indonesia dalam kondisi darurat asap. Dengan tegas kami mendesak Presiden RI Joko Widodo untuk menerapkan bencana kabut asap dan karhutla sebagai bencana nasional,” ujar Evick Kamis malam (8/10/2015) kepada jajaran pengurus dalam pertemuan itu.

Pemerintah pusat juga didesak untuk mengerahkan segala usaha untuk mengatasi bencana kabut asap, “Kami juga mendesak pemerintah pusat mengerahkan segala usaha yang diperlukan secara lintas departemen dan sektoral untuk mengatasi bencana kabut asap dan karhutla, termasuk dampak yang ditimbulkan,” jelas Evick

Di samping itu, Evick juga mendorong Kapolri segera melakukan tindakan tegas kepada korporasi maupun oknum-oknum, tanpa pandang bulu yang menyebabkan bencana karhutla.

Juga diharapkan pemerintah pusat bersama-sama pemerintah daerah segera menyiapkan skema preventif untuk pencegahan terulangnya bencana yang serupa.

Sumber: Portal PB Pemuda Muslimin Indonesia
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger