PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

Ketum PW Sulsel Serukan Reformulasi Metodologi Gerakan Mahasiswa

MAKASSAR - Di hadapan peserta Diklat Riset dan Advokasi, Ketum Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel, Muhammad Kasman, S.E., M.Si., menyerukan agar gerakan mahasiswa melakukan reformulasi metodologi gerakan.

Diklat yang diselenggarakan oleh HMI Cabang Makassar bekerjasama dengan Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia pada 01 - 03 Oktober 2016 tersebut diikuti oleh aktivis mahasiswa dari berbagai lembaga intra san eksta kampus di Makassar.

"Gerakan mahasiswa sekarang seperti kesulitan melakukan positioning di tengah gerakan sosial lain. Mungkin karena mereka kurang mendalami genealogi gerakan kaum muda terpelajar, sehingga mereka tak memahami hakikat gerakannya." Seru Kasman.

Masih menurut Kasman, "Selain perkara positioning, hal yang tak kalah peliknya adalah monotonnya metode gerakan mahasiswa hari ini. Mereka seperti mengidentikkan antara advokasi dengan demonstrasi "

Bagi Kasman, tentu menjadi masalah besar ketika mahasiswa tidak memahami hakikat gerakannya sendiri dan miskin metode gerakan. "Ini terkait dengan eksistensi gerakan mahasiswa, apakah memang masih potensial atau sekadar gerakan yang bergerak karena romantisme masa lalu."

"Coba perhatikan, di samping mengidentikkan antara advokasi dengan demonstrasi, ketika demonstrasi pun, masih menimbulkan soal. Kualitas isu yang mereka angkat sangat rendah karena hanya bermodal bacaan koran dan momentum peringatan hari tertentu." Keluh Kasman.

Menanggapi kondisi tersebut, Kasman menyerukan agar aktivis mahasiswa kontemporer untuk berani memutus tradisi buruk gerakan mahasiswa sedemikian. "Ini hanya bisa dilakukan apabila gerakan mahasiswa berbasis pada tradisi riset, jadi demonstrasi berlandaskan pada analisa data yang kuat."
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger