PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

LKIMB UNM Bahas NKK/BKK Bersama Ketum PW Sulsel

MAKASSAR - Bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM), Lembaga Kajian Ilmiah Mahasiswa Bertakwa (LKIMB) menggelar Bincang Malam, selasa (04/10/2016) malam.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Neo NKK/BKK; Mahasiswa dan Riwayatmu Kini, dengan menghadirkan Ketua Umum PW Pemuda Muslim Sulsel, Muhammad Kasman, S.E., M.Si. sebagai pemantik diskusi.

Dalam paparannya, Kasman menguraikan betapa kekuatan gerakan mahasiswa dilucuti melalui kebijakan Normalisasi Kehidupan Kampus (NKK). "Melalui NKK, gerakan mahasiswa dikebiri dengan pembubaran Dewan Mahasiswa dan pelarangan aktivitas sosial politik mahasiswa."

"Mahasiswa dipaksa untuk fokus pada dunia akademik, dan dilarang mengakses dinamika sosial politik dan sosial kemasyarakatan. Mahasiswa baru mengakses masyarakat ketika mengikuti Kuliah Kerja Nyata." Terang Kasman.

Bagi Kasman, hal ini membuat mahasiswa kehilangan kepekaan sosial. Bahkan NKK yang kemudian disusul dengan pembentukan Badan Koordinasi Kemahasiswaan (BKK), makin menjebak mahasiswa untuk hanya sibuk memikirkan diri sendiri.

Terkait Neo-NKK/BKK, dikaitkan dengan pemberlakuan jam malam berupa larangan beraktivitas bagi mahasiswa di kampus pada malam hari, dan dibolehkannya pihak kepolisian berpatroli di dalam kampus pada jam malam, Kasman sangat menyayangkan.

"Sangat memprihatinkan! Ini bukan Neo-NKK/BKK sebetulnya, tapi penegasan NKK/BKK saja, sebab struktur organisasi kemahasiswaan intra kampus yang dipakai sekarang masih hasil NKK/BKK. Kalau mau, bangun organisasi kemahasiswaan intra kampus yang independen dari birokrasi kampus." Saran Kasman.

Di pengujung diskusi, Kasman menyarankan agar gerakan mahasiswa memperkaya metodologi gerakan dan menguatkan tradisi intelektual sebagai basis gerakan. "Gerakan advokasi mahasiswa harus berbasis riset, jadi argumentasinya kuat."
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger