PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

Kasman: Ideologi Gerakan SEMMI adalah Tauhid, Ilmu, Siyasah

SINJAI - "SEMMI sebagai gerakan mahasiswa dari Sarekat Islam Indonesia, maka sandaran gerak perlawanannya adalah sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu, dan secerdas-cerdas siyasah." Ungkap Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel, Muhammad Kasman, S.E., M.Si.

Hal tersebut diungkapkan Kasman saat memaparkan materi "Ideologi Gerakan SEMMI" pada Basic Training (Bastra) DPC SEMMI Sinjai di Benteng Balanipa, Sabtu (19/11/2016) pagi. Bastra itu sendiri akan berlangsung selama 3 hari, sampai ahad, 20/11/2016).

Menurut Kasman, trilogi sandaran gerak perlawanan tersebut tidak boleh dibalik. "Harus tauhid yang pertama, setelah itu ilmu, baru kemudian siyasah. Jangan siyasah dulu, atau ilmu dulu. Sebab bile bersiyasah tanpa tauhid dan ilmu, itu akan berujung pada pragmatisme dan keliaran politik."

"Tauhid bagi SEMMI lebih bersifat praktis dibanding teoritik, artinya, tauhid itu bukan pembahasan yang berbelit-belit dengan bahasa rumit. Tauhid ditunjukkan saat anda mampu hidup tanpa ketakutan selain kepada Allah, dan anda terhindar dari kesedihan yang bukan karena Allah." Jelas Kasman sambil mengutip al Quran surah Yunus (10) ayat 62.

Pada pembahasan ilmu, Kasman mengingatkan pada akar keilmuan Islam. "Semua berangkat dari konsep 'iqra'. Tapj memang harus dipahami, iqra itu bukan sekedar membaca, iqra bi ism rabbik, dan iqra wa rabbuka al akram. Ini yang harus didalami."

Sedang pada konsepsi siyasah, Kasman menekankan pentingnya para aktivis muslim untuk menguasai siyasah, baik secara teoritik, maupun siyasah praktis. "Tak bisa dimungkiri, siyasah adalah cara kita untuk mewujudkan tujuan perjuangan, maka pemahaman dan penguasaan atas siyasah, baik teori maupun praktik, mutlak dimiliki oleh kader."
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger