PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

PB COPMI Tegaskan Akan Advokasi Mahasiswi Bercadar di UIN Yogyakarta

JAKARTA – Pimpinan Besar Corps Puteri Muslimin Indonesia (PB COMPI), menegaskan akan mengambil berbagai langkah untuk mengadvokasi mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengenakan cadar.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Umum PB COPMI, Zahra beberapa waktu lalu di Jakarta. Menurutnya, mengenakan cadar merupakan hak individu yang wajib dihormati, sehingga adanya kasus pelarangan bagi mahasiswa untuk bercadar di UIN Yogyakarta,  pihaknya akan mengadvokasi.

“Saya kira, lembaga manapun harus taat pada hukum negara dimana warganya dibebaskan menjalankan syariat dalam agamanya masing–masing." Ungkap Zahra. Olehnya, Zahra  meminta pihak UIN Yogyakarta untuk bijak menerima perbedaan pandangan dalam beragama.

Lanjut Zahra, memang ada perbedaan pendapat berbagai mazhab Islam tentang hukum niqob atau cadar, tapi menurutnya, niqob wajib untuk madzhab syafi’i. Sementara umat Islam di Indonesia menganut mazhab Syafi'i.

Sebagai informasi, saat ini kampus UIN Yogyakarta telah menyiapkan pembinaan khusus bagi mahasiswa bercadar melalui tujuh tahapan berbeda. Jika seluruh tahapan pembinaan telah dilampaui dan mahasiswi yang bersangkutan tidak mau melepas cadar, maka pihak UIN akan memecat mahasiswi itu.

Bahkan Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi menegaskan bahwa bila tahapan pembinaan sudah dilalui oleh mereka yang bercadar dan tidak bersedia melepas cadar, maka pilihannya cuma pindah atau sekalian keluar dari kampus.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. PW Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger