PIMPINAN WILAYAH
PEMUDA MUSLIMIN INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN 2014 - 2018
~Isy Kariman Aumut Syahidan~

Halaqah Instagram Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel Bahas Islam dan Liberarisme

MAKASSAR, Pimpinan Wilayah Pemuda Muslimin Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar diskusi daring dengan tajuk Halaqah Instagram, sebagai upaya menjaga spirit intelektualitas kader-kadernya.

Menurut Ketua Bidang Intelektual dan Seni Budaya PW Pemuda Muslimin Indonesia Sulsel, Muh. Asrul Al Fatih (@pojokalithea28) yang akan memandu jalannya diskusi menjelaskan bahwa diskusi ini untuk mengurai sengkarut pemikiran Islam dan liberalisme.

Diskusi yang akan digelar pada Ahad (28/06/2020) pada pukul 16.15 - 17.15 wita via akun instagram @pemudamusliminsulsel ini, akan menguar tema "Menakar Ulang Liberalisme Dalam Khasanah Pemikiran Islam".

"Sampai saat ini, posisi liberalisme dalam pemikiran Islam masih dilematis, bahkan MUI sampai mengeluarkan fatwa soal pemikiran ini. Belum lagi gesekan antara kubu fundamentalis dan liberalis kian tajam." Terang Asrul.

Lanjutnya, "Bagaimana duduk soalnya? Apa betul liberalisme memang patut diwaspadai? Atau ini justru akibat salah paham belaka? Menjadi pertanyaan-pertanyaan sederhana seputar tema yang kita angkat."

Halaqah daring ini adalah upaya untuk merunut wacana ini secara jernih, sebab implikasi dari Islam dan Liberalisme itu sendiri tidak hanya sekadar berpengaruh pada cara kita berkeyakinan atas tindak tanduk dalam beragama secara ritual, namun juga lebih pada kehidupan sosial-politik.

Diskusi yang menghadirkan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Manado, Arhanuddin Salim Ph.D. (@arhanuddinsalim) sebagai narasumber ini diharapkan bisa menjadi pemantik untuk menghadirkan diskursus alternatif di antara sumpeknya pemikiran Islam kontemporer.

"Semoga diskursus ini tidak terjebak untuk hanya menghasilkan fatwa, tetapi lebih jauh menelaah konsekuensi dari Islam dan kehadiran liberalisme dalam konteks bernegara." Pungkas Asrul.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : TurungkaNews | PB PemudaMuslim | KasmanPost
Copyright © 2015. PW Pemuda Muslimin Indonesia Prov. Sulsel - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Published by Cargam Template
Proudly powered by Blogger